Beranda Berita TDA Bali Kegiatan TDA Bali KolaborAksi MUKERNAS TDA 5.1 Balikpapan

KolaborAksi MUKERNAS TDA 5.1 Balikpapan

151
0
BAGIKAN

Komunitas Tangan DiAtas (TDA) Balikpapan, Kalimantan Timur, terdaulat jadi tuan rumah Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) TDA 5.1 tahun 2018. Tahun 2017 lalu, TDA Bali bersyukur terdaulat jadi tuan rumah MUKERNAS TDA 5.0.

Ada salah satu peristiwa penting pada MUKERNAS organisasi yang berazaskan Pancasila ini. Dalam rangkaian MUKERNAS yang terselenggara 1 – 3 Agustus 2018, terjadi serah terima amanah (SERTINAH) Presiden TDA 5.0 Ahmad Baidillah Thariq Barra ke Presiden TDA 5.1 Bimo Prasetio.

MUKERNAS TDA 5.1 ini dihadiri oleh semua komponen kepengurusan TDA. Mulai dari Majelis Wali Amanah (MWA), Board Of Director (BOD/Pengurus Pusat), perwakilan TDA wilayah dan TDA Daerah. TDA sendiri saat ini tersebar di 90 daerah di Indonesia. Mempunyai 11.000++ anggota dan puluhan ribu simpatisan (belum anggota).

TDA Bali mengirimkan 3 delegasi yaitu Hendra W Saputro (ketua), Jefry Yusnata (sekretaris), dan Fatkur Rohman (anggota divisi Edukasi dan Peningkatan Kapasitas – EPIK) yang menggantikan Akh Alim Mahdi yang berhalangan karena sakit. Semoga lekas sembuh!

* Ada apa di MUKERNAS TDA 5.1 ?

MUKERNAS TDA 5.1 dibuka oleh Kementrian Koperasi & UKM diwakili oleh Dirjen Pengembangan UKM & Koperasi. Sambutan juga dari perwakilan Walikota Balikpapan.

Terkutip dari Presiden TDA 5.1 Bimo Prasetio: MUKERNAS TDA merupakan salah satu ajang networking terbesar bagi pengurus. Disinilah pengurus dari berbagai daerah dapat menyalurkan aspirasi, inspirasi dan sharing experience mereka dalam menjalankan roda kepengurusan daerah. Tak hanya itu, sinergi dan kolaborasi bisnis bisa terjadi disini.

Pengurus pusat merasa seluruh program akan tetap relevan dan menjawab kebutuhan anggota, jika pengurus dapat menjembatani akan value dan ekspektasi anggota.

Disini, kita belajar untuk menjadi pendengar yang baik, sambil menyelami perspektif para anggota yang memiliki tantangan dalam mengelola bisnis dan organisasi.

Prinsipnya, seluruh kegiatan tidak harus top down, bisa bottom up atau bahkan daerah dapat create sendiri sesuai kebutuhannya masing-masing. Sepanjang, kegiatan tersebut sesuai dengan nilai-nilai Tangan Di Atas (TDA).

Kita sangat memahami tiap daerah memiliki kebutuhan dan karakteristik sendiri. Sehingga, jangan merasa terbebani dengan program TDA dari pusat. Ber-TDA seharusnya FUN begitupun bisnis.

Nah, seperti hari ini, kami sempatkan olah raga di awal hari, sebelum Mukernas dimulai. Tujuannya agar badan sehat dan juga FUN.

“Bukan TDA yang membutuhkan saya, tapi ternyata saya yang butuh TDA untuk menjadi wadah saya berperan, berkontribusi dalam membangun peradaban.”

* Agenda Dalam MUKERNAS TDA 5.1

Founder TDA Badroni Yuzirman turun tangan untuk tetap mengingatkan tentang Visi, Misi dan nilai-nilai TDA (TDA Values). Tujuannya adalah tetap FUN dalam kelola organisasi. Jika terapkan TDA Values, berTDA seharusnya mampu tingkatkan gairah berbisnis. Jika merasa ada yang salah dalam hidup dan bisnis, bukanlah TDA yang disalahkan namun berbesar hatilah untuk evaluasi diri sendiri. BerTDA seharusnya FUN.

Para BOD pasang badan diatas panggung untuk menjelaskan rencana strategis dalam menjalankan dan manajerial organisasi. Sebagai pelayan, seluruh pengurus TDA harus mampu eksekusi program-program yang bermanfaat bagi anggota nya. Hingga geliat organisasi mampu membawa kontribusi positif bagi peradaban.

Selama 2 hari, agenda MUKERNAS selalu berakhir di tengah malam. Sesi malam terisi juga oleh sharing inspirasi oleh Ketua MWA Mustofa Romdloni tentang strategi exit dan akuisisi perusahaan.

Beberapa agenda lain nya adalah penggalangan dana sosial yang mampu mengumpulkan 1 Milyar lebih dari para peserta MUKERNAS. Selain itu ada pemaparan investasi dari ACT dan penandatanganan MoU antara TDA dan PT. Kaltim Prima Coal yang peduli dengan kegiatan peningkatan entrepreneur di Indonesia.

Satu hal lagi, ada perkenalan tema Pesta Wirausaha yang menarik perhatian tersendiri. KolaborAksi adalah tema nya nanti. Rencana Pesta Wirausaha akan terselenggara Januari 2019 di Ancol, Jakarta.

Terima kasih kepada seluruh panitia MUKERNAS TDA 5.1 baik dari BOD dan TDA Balikpapan. Semoga selalu menjadi inspirasi dan membawa manfaat bagi Indonesia!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here