Beranda Berita TDA Bali Kegiatan TDA Bali How To Grow Your Business oleh Bapak Teguh Trilyuner Wibawanto

How To Grow Your Business oleh Bapak Teguh Trilyuner Wibawanto

379
0

Coach Teguh dikenal sebagai salah satu Vice President Komunitas Bisnis Tangan Diatas (TDA). Apa dan bagaimana soal TDA, bisa berkunjung ke websitenya. Beliau juga owner dari PT. Hydro Water Technology yang berpusat di Jakarta. Pengalaman dan pengetahuannya soal berwirausaha, menjadikan beliau didaulat sebagai salah satu mentor bisnis Komunitas TDA.

Coach Teguh diundang oleh Komunitas TDA Bali dan Akademi Berbagi Bali untuk workshop wirausaha bertajuk “How To Grow Your Business”. Bertempat di Restoran OenPao, Jl. Sunset Road, Kuta, Bali, hari Jum’at 20 Januari 2012. Peserta workshop mencapai lebih dari 75 orang. Workshop ini acara perdana dari TDA Bali dan merupakan kesempatan berharga bagi para anggotanya untuk ‘peras’ ilmu-ilmu bisnis dari beliau. “Sesuatu banget”, begitu kata peserta workshop yang diminta untuk testimonial.

Ya, memang berharga karena Coach Teguh presentasi mulai jam 4 sore dan berakhir pada jam 10 malam. Itupun 1 jam terakhir materi terpaksa dikebut oleh Coach Teguh karena restoran nya mau tutup.

Banyak hal yang dikupas oleh Coach Teguh. Sebanyak 128 slide presentasi berisi tentang kiat memilih bisnis sampai membahas detail infrastrukturnya, yakni Fondation, Marketing & Sales, System & Technology, Human Capital, sampai pada aspek Managerial.

Poros utama dalam bisnis dimulai dari diri kita sendiri. Karena kita lah yang akan berlakukan kontrol diri, membuat aturan main untuk membangun karakter dan budaya perusahaan, memperlakukan karyawan, menetapkan proyeksi keuangan, memastikan kualitas produk dan layanan, membuat standart prosedur operasional dan mengamankan kepastian hukum sebuah perusahaan.

Coach Teguh juga memberikan check list atau semacam panduan bersikap dan bertindak pada semua aspek usaha. Panduan untuk kita (self control), misalnya, Apakah sudah menciptakan smart goal?, Memiliki identitas baik?, Berpikir positif pada setiap kejadian?, dll. Wow banyak.

Lain nya lagi, panduan bertindak dan bersikap bagi sales marketing, salah satunya: Apakah sudah mengetahui cara mencari prospek?, cara meningkatkan transaksi?, dan seterusnya. Ada 24 check list lho.

Ada pula check list untuk managerial keuangan, system & technology, human capital, dan checklist pada manager.

Tidak lupa, Coach Teguh juga memberikan tip dan trik dalam melakukan efisiensi di bidang marketing produk. Salah satunya membeberkan statistik komparasi atas pengalaman nya dalam memasarkan produk. Seberapa efektifkah memasarkan produk melalui koran, baliho, bilboard, direct sales, internet, dan media publikasi lainnya.

Workshop menjadi interaktif, karena peserta dilibatkan untuk memahami karakternya sendiri melalui pertanyaan-pertanyaan motivasi dari Coach Teguh. Bahkan peserta pun harus angkat bicara ketika diberikan tantangan yang berkaitan dengan masa depan nya.

Workshop ditutup dengan berdiri bersama, peserta diajak untuk bernyanyi sebuah lagu berjudul “Jangan Menyerah”. Ternyata itu lagunya D’Masiv. Akibat suara bersama yang menggema, diri ini menjadi merinding, seolah memancing emosional untuk bangkit dan selalu semangat pada tantangan hidup. Luar biasa!

Bagikan Yuk

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here