Beranda Sharing Session The Power Of Kepepet

The Power Of Kepepet

315
0
BAGIKAN

Oleh Yana

Waktu SMA dulu saya sama temen2 pernah camping di salah satu gunung di Malang. Biasa…anak pecinta alam. Nah, pas suatu sore habis makan yg pedes”, tiba” ada ‘panggilan alam’ yg harus segera dilaksanakan. Perut udah mules gak karuan. Namanya camping di gunung ya gak ada toilet tp harus ke sungai yg penuh bebatuan.

The power of kepepet alias tepok ini ilmu dari salah satu guru saya, Mas J alias Jaya Setiabudi.

Saya lsg meluncur turun ke sungai tp gak bisa lsg menunaikan keinginan yg terpendam, malu keliatan ama temen” lagian di situ juga buat tempat mandi, jadi harus agak jauhan.

Setengah berlari karena udah sangat” kritis saya loncat dari satu batu ke batu yg lain kaya film kungfu sampe akhirnya dapat tempat yg kira” aman

Nah, setelah selesai dan baru balik ke tempat semula rasanya kok susah banget ya ternyata lewat batu”an situ tapi tadi kok bisa gampang banget ya

Jadi tadi itu ada suatu kekuatan yg sebenarnya ada dlm diri kita yg keluar karena kepepet

Malah ada bbrp batu yg harus pegangan ranting pohon kanan kiri untuk lewatnya

Ada yg punya pengalaman seperti itu gak

Saking terdesaknya sampe melakukan sesuatu yg tak terduga

Jadi sebenarnya Kepepet adl motivasi terbesar di dunia. Dia bisa menggerakkan kita dan mengeluarkan kemampuan terpendam

Mau tau caranya menciptakan kondisi kepepet?

Seperti pegas/per, kl kita tekan dia akan menimbulkan daya tolak yg lebih besar. Seperti itu juga kepepet ini. Semakin kepepet kita semakin besar usaha kita, motivasi kita utk action

Ada 2 cara menciptakan kondisi ini, pertama secara fisik dan secara imajinasi.
Secara fisik atau nyata, ini sering dilakukan temen2 disini termasuk saya

Ada yg tau, misalnya apa hayo??

Kalo dulu di EU kepepet nya disuruh utang mas

Saya malah kasih DP beli tanah tp belum tau mau nglunasinnya gimana, uangnya cukup utk itu aja. Tanya tuh pak ketua

Utang memang salah satu yg bisa bikin kita kepepet tp ada jg yg lain. Misal, DP ruko tapi belum tau mau buka usaha apa dan gimana cara bayarnya

Lanjut cara kedua ya

Kalo itu tadi bener2 ngefek secara fisik kl yg kedua secara imajinasi. Ini yg membuat saya sangat termotivasi utk resign dan bisnis sendir

Yg kepepet fisik bs yah di praktekin nih

Cara ini dg membayangkan seolah” kita dlm kondisi kepepet. Contoh: pengalaman sendiri nih pas masih kerja dulu, saya bayangin kalo besok pagi pas masuk kerja saya dipanggil bos saya. Terus dia bilang, Yana, ini bukan masalah pribadi tapi perusahaan memutuskan utk melakukan ‘perampingan’ dan hari ini adl hari terakhir kamu kerja

Jderrr!!! Dipecat!!!

Kl yg masih single dan jomblo sih masih ok aja, coba kl udah punya istri dan anak??

Apakah mengkondisikan kepepet bisa di lakukan berulang ?

Gimana nanti harus beli makan, keperluan keluarga dll??

Nah, ciptakan bayangan itu seolah nyata. Masuk di benak anda. Rasakan detak jantung waktu dibilangin bos kita dipecat. Bayangin bingungnnya kita apa yg harus kita bilang ke orang tua, istri, anak kita??

Biar dalam bayangan tapi efeknya tetep nyata karena alam bawah sadar itu tidak bisa bedain imajinasi dan kenyataan

Kondisi kepepet itu akan membuat kita berpikir keras gimana cara mengatasinya. Dan gak hanya mikir tapi pasti akan segera Action

Tapi disisi yg lain, jika kita bisa mengatasinya kita akan Lebih PD dan percaya bahwa ternyata kita bisa melakukan lebih dari biasanya

Sebenarnya malah harus terus diulang

Sama seperti otot kita, kalau kita mau otot kita kuat kita harus terus latihan angkat beban, semakin lama beban yg diangkat semakin berat. Sama juga dg otak dan kemampuan kita, harus terus dilatih utk bisa ‘angkat beban’ yg lebih berat

Maaf nyela, aku pernah mengkondisikan The Power Of Kepepet mas. Pada waktu ngasih panjar/deposit beli mobil tahun 2009 lalu. Aku kasih deposit 5jt utk Nissan Grand Livina. Dan dikasih waktu 3 bulan oleh dealer utk lunasi DP yg waktu itu 45jt

Tuhan merespon mas. Sekali lagi Tuhan yg bermain dibelakang layar. Dalam 3 bulan itu ada saja cara utk kumpulin DP.

Taruhannya, mau terus punya mobil atau 5jt hangus

Kalo ada niat pasti ada jalan

Dan aku berjanji sama Tuhan. Ya Tuhan, jika Engkau permudah utk memiliki mobil, aku akan potong kambing guling ke panti asuhan.

Pas kondidi kepepet kita ‘terpaksa’ action, berusaha sekuat mungkin dan akan selalu ada jalan keluar nantinya

Soal hasil, itu hak prerogatif yg Maha Kuasa

Mas yana nanya!!!

Bisa ga kondisi kepepet kita pindahkan ke org lain

Contohnya gimana mas

Kondisi kepepet itu kita pindahkan ke karyawan misalnya

Bisa

Contoh radikalnya: kalo gak sesuai target, pecat!!

Tepok ini sebenarnya seperti vitamin, kita pake kl kita merasa perlu

Apa suruh beli mobil semua gt biar bingung nyicilnya

Maksudku gini mas, kan tujuan nya naikin omzet dgn kepepet

Utk karyawan bisa kita terapkan sbg bagian dari training utk meningkatkan kemampuan mereka.

Membuat berpikir bahwa jika berkata bisa maka otak akan mencari jalan ‘bagaimana harus bisa’

Di salah satu training wajib buat sales dan marketingnya, mereka diajak jalan” ke tempat wisata yg agak jauh. Kl disini ya kayak ke bedugul gitu. Disana dikasi bbrp materi dan motivasi

Aku ceritain apa yg dilakuin Pak Teguh Hydro ya ke karyawannya soal tepok ini

Abis itu semua harus ngumpulin dompet dan hpnya, gak boleh ada apapun di badannya kecuali ktp

Yup, ditinggal pulang. Sore udah harus kembali ke kantor

Cuma dikasih 2 botol air mineral yg udah dilepas merknya

Dan ternyata mereka bisa pulang semua ke kantor dg berbagai cerita usaha yg dilakukan

Otomatis pada mikir gimana caranya dg kondisi yg ada mereka harus pulang

Terserah mereka mas hen, intinya mereka harus pulang ke kantor

Biar mereka mikir dan usaha sendir

Jadi nanti bisa keluar perintah, gak mau tau caranya gimana yg pasti target tercapai

Nanti akan keluar dan sharing kenyg lain berbagai macam cerita kejadian dan usaha kreatif yg mereka lakukan

Bisnis opportunity!!!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here