Beranda Berita TDA Bali TDA Peduli TDA Peduli: Penyaluran Bantuan untuk Pengungsi Gunung Agung di Desa Tangkup, Karangasem

TDA Peduli: Penyaluran Bantuan untuk Pengungsi Gunung Agung di Desa Tangkup, Karangasem

182
0
BAGIKAN

Posko pengungsi Gunung Agung di Desa Tangkup, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem dipilih untuk penyaluran donasi program TDA Peduli setelah mendapatkan informasi dari PMI (Palang Merah Indonesia) Bali.

Gunung Agung – Detik.com

Desa Tangkup yang berjarak 25 km dari Gunung Agung menaungi 6 posko pengungsian yang total semuanya berjumlah 300an jiwa. Mereka para pengungsi rata-rata berasal dari wilayah Kawasan Rawan Bencana (KRB) III (radius 6 km dari puncak Gunung Agung).

Posko yang digunakan sebagai tempat tinggal para pengungsi adalah bangunan bale banjar dan ada juga bangunan dalam area pura-pura desa.

TDA Bali sebelumnya pernah adakan kegiatan TDA Peduli edisi pertama pada awal letusan Gunung Agung pada 27 September 2017. Donasi dari para donatur sudah kami salurkan ke pengungsi Gunung Agung.

Tidak pernah menyangka akan ada letusan kembali di medio bulan Desember 2017. Maka kami adakan kembali TDA Peduli pengungsi Gunung agung edisi ke dua. Kami menggalang donasi untuk anggota TDA Bali dan masyarakat umum mulai tanggal 16 – 27 Desember 2017 dan rencana penyaluran dijadwalkan tanggal 29 Desember 2017.

Donasi yang terkumpul untuk TDA Peduli pengungsi Gunung Agung edisi kedua banyak berupa uang dan ada pula barang. Kami harus belanjakan uang tersebut agar berbentuk barang yang dibutuhkan oleh pengungsi. Maka kami pun meminta informasi kebutuhan pengungsi ke koordinator pengungsi desa tersebut yaitu ke Bapak Oka.

Setelah semua barang kebutuhan siap, pada Jumat, 29 Desember 2017 kami gunakan 2 mobil membawa kebutuhan pengungsi ke kantor desa Tangkup. Semua bahan donasi akan diatur penyalurannya oleh pihak desa yang dipimpin oleh kepala desa pak Gede Guntur.

Semua bahan donasi senilai Rp. 22.100.033 dirupakan 192 tikar spon sintetis, 60 kaleng sarden ikan dan nuget ayam, 540 butir telur, 60 biji handuk, pakaian layak pakai, keperluan MCK (sabun mandi, cuci, odol, sikat gigi, autan), 6 unit filter air bersih, minyak kayu putih, telon, pampers, pembalut wanita, bedak bayi, deposit gas elpiji dan dana transportasi logistik dipusatkan di kantor desa agar penyalurannya merata untuk kurang lebih 300 orang pengungsi.

Rombongan TDA Bali sempat berkunjung langsung ke posko terdekat dengan kantor desa. Kami pun berdialog dengan para pengungsi dan menyampaikan amanat donasi dari para donatur.

Terima kasih atas donasi yang diberikan oleh anggota TDA Bali dan masyarakat umum. Semuanya sudah kami serahkan kepada pengungsi. Semoga Tuhan YME membalas kepedulian para donatur.

Berikut rundown kegiatan TDA Peduli edisi ke dua:

– 16 – 27 Desember 2017 : Masa pengumpulan donasi dari anggota TDA Bali dan masyarakat umum.
– 28 Desember 2017 : Belanja kebutuhan pengungsi di supermarket.

Pada Jumat, 29 Desember 2017:

Pukul 09.00 – 10.30 WITA
Menata barang-barang donasi dan tambahan nya ke mobil pickup.

Pukul 10.30 – 12.00 WITA
Kami mendapatkan tambahan donasi uang dan dibelanjakan kembali di supermarket yang satu arah dengan rute donasi.

12.00 – 13.30 WITA
Ibadah sholat Jum’at di Masji Puri Chandra Asri Ketewel sekaligus makan siang di masjid tersebut. Terima kasih Tuhan.

13.30 – 15.00 WITA
Perjalanan dari Ketewel ke Desa Tangkup, Sidemen, Karangasem.

15.00 – 16.00 WITA
Acara serah terima dan penurunan barang-barang donasi di kantor desa Tangkup.

16.00 – 16.30 WITA
Kunjungan dan ramah tamah ke posko 1 pengungsi Gunung Agung.

16.30 – 18.00 WITA
Perjalanan pulang ke Denpasar.

Laporan keuangan bisa diakses di sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here