Beranda Inspirasi Bisnis Online Mau Mulai Usaha Tapi Bingung? Bikin Blog Aja!

Mau Mulai Usaha Tapi Bingung? Bikin Blog Aja!

746
0
BAGIKAN

Komunitas TDA walaupun banyak diantaranya sudah jadi para pengusaha, tapi nggak sedikit juga anggota yang belum punya usaha alias masih bingung untuk memilih bisnis apa yang akan digeluti. Motivasi sih sudah menggebu-gebu ingin segera action, tapi bisa jadi antara saking banyaknya usaha yang mau dicoba dan takut kehilangan modal usaha, menghalangi untuk segera mengeksekusi niatan tersebut.

Di TDA, kita memang dimotivasi untuk segera action, tapi juga jangan ngawur actionnya alias ada hitungannya terlebih dulu. Dianjurkan untuk memulai dengan modal kecil dan seadanya daripada langsung besar tapi resiko tinggi karena nggak pengalaman. Banyak juga rekan-rekan yang ‘terlalu berani’ ambil hutang untuk usaha baru, dengan modal keyakinan saja tanpa mempertimbangkan resiko usaha. Yang jatuh gara-gara hutang nggak sekedar orang biasa, tapi sekelas mentor juga jatuh walaupun orang mengenal dia sebagai pengusaha sukses yang mengisi seminar dimana-mana, tapi dibelakangnya ternyata usahanya penuh masalah. :) Jangan sampai jadi kayak gitu ya kawan :)

Oh ya setelah intro diatas yang cukup panjang, pastinya ingin tau juga gimana caranya mulai usaha? enaknya usaha apa? atau gak punya modal tapi pengen usaha apa yah? Saya yakin buanyak yang bertanya seperti itu, kemudian baca-baca success story orang, tp akhirnya stress sendiri hehe. Tenang, disini saya mau bagikan solusinya.

Sesuai dengan judul diatas, solusinya adalah BIKIN BLOG

Blog itu apa sih? Blog itu adalah website gratis seperti blogspot.com atau wordpress.com

Trus apa hubungannya? Bukannya punya usaha dulu baru bikin web untuk memasarkannya?

Nah itulah uniknya. Dengan bisnis internet, kita bisa mulai bisnis cuma modal blog gratisan dan handphone. Singkatnya adalah kita jadi MAKELAR atau perantara bisnis orang lain

Misalnya begini …

Kebetulan teman berprofesi sebagai fotografer, anda bisa makelari dengan cara menulis artikel menerima jasa fotografi di blog anda. Sertakan juga contoh2 hasil jepretan teman anda supaya lebih menyakinkan. Kemudian jangan lupa tuliskan kontak anda sewaktu-waktu ada yang membutuhkan jasa teman anda. Nah sambil nyari order sambil anda pelajari gimana sih bisnis jasa fotografi…prosedurnya gimana..harganya berapa persesi. Jangan lupa anda markup harganya untuk keuntungan anda…yang wajar saja biar masih bisa bersaing.

Nah sembari menunggu orderan masuk, mungkin saudara anda punya usaha apa yang bisa dimakelari. Catering? Bengkel Las? Rental Mobil? Agen Sembako? Bisaaaa semua dimakelari dengan rumus yang sama

  1. Cari Bisnisnya
  2. Catat produk dan harganya
  3. Buat artikelnya di blog anda
  4. Ulangi lagi untuk bisnis lain

Hal ini sudah pernah saya coba dan terbukti mendatangkan penghasilan lumayan buat saya. Sesekali saya pernah menjualkan 2 unit armada truk senilai total 700an juta dengan komisi 8jt. Sesekali pernah dapat order pembuatan spare part senilai 90an juta dgn komisi 4,5jt. Atau bantu jualan sambelnya om Yayak yang sampai sekarang dihandle istri saya. Semua itu nggak pernah ketemu pembeli lho, dan modalnya main email, sms, telpon telponan. Setiap saya nemu supplier barang apa gitu..saya catat ke database saya suatu waktu bisa saya promosikan melalui blog saya.

Nah rekan2 juga bisa meniru cara ini untuk menjajaki bisnis apa nanti yang bisa dikembangkan dan cocok dengan karakter kita. Pilih satu bisnis yang buat kita sudah berkali-kali ada penjualan dan coba dikembangkan lagi dengan menginvestasikan sedikit modal untuk mempromosikan lebih gencar lagi dengan membuat website khusus. Atau bisa juga kalau tadinya masih jual produk orang lain, kalau dirasa kita mampu,bisa coba produksi sendiri kalau biayanya nggak besar.

Dengan cara diatas, sambil mencari bisnis apa yang ‘jodoh’ dengan kita, kita juga bisa dapat pemasukan lumayan dari artikel yang kita buat di blog kita.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat :)

PS: Untuk contoh artikelnya bisa main ke blog saya disini

http://dimaspribadi.com/jual-krim-pengencang-kulit-wajah-aman-di-surabaya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here