Beranda Sharing Session How to design Slide Presentation : World Class Slide Presentation

How to design Slide Presentation : World Class Slide Presentation [Salsha]

274
0
BAGIKAN

Narasumber: Pak Agusdin

Kenapa kita butuh design presentasi? Pelatihan salah satu cara mempercepat keahlian Anda. Guru, Dosen dan marketer, butuh sekali presentasi. Tujuan presentasi : Menjual ide.

agusdin-slide

Tujuan presentasi: Menginformasikan dan mempersuasif (mempengaruhi). Tapi sayang 99% slide presentasi itu membosankan, menurut Robert T Kiyosaki. Menurut John medina: We dont pay attention to boring things. Jadi buatlah slide presentasi yang tidak membosankan.

Kesalahan presentasi didepan audiens: Pembukaannya datar (konvensional). Lakukan pembukaan yang menarik audiens, bisa dengan cerita, pertanyaan atau efek visual, semisal video. Ambil aja dari youtube.

Bahasa tubuhnya pasif. Berdiri di satu tempat. Manfaatkan tubuh kita untuk menggambarkan presentasi supaya lebih hidup. Maksimalkan gerak kan tangan, kaki, mimik muka untuk menggugah emosi audiens. Isinya presentasinya berputar-putar.

Seringkali tanpa sadar presenter mengulang materi sebelumnya. Kesalahan lain adalah tidak ada cerita dalam presentasi. Tidak ada salahnya cerita masa kecil yang sudah pernah diketahui audiens diceritakan kembali oleh presenter.

Kesalahan lain, slide nya membosankan. 83% penduduk dunia lebih sensitif dengan tampilan visual. Seorang presenter yang bagus adalah jika dia punya 5 slide presentasi namun ngomongnya 2 jam.

Sebelum membuat slide presentasi: 1. Planning, 2. Design, 3. Delivery. Planing: Gagal merencanakan berarti kita merencanakan kegagalan. Failing to plan, is planning to fail.

Kekuatan Impian : Apa sebenarnya impian. Mengapa impian itu penting. Bagaimana cara mewujudkan impian. Itu 5 W + H. Desainlah slide secara visual. Kita adalah mahluk visual.

Bagaimana cara mendesain slide yg baik: SLIDE IMPACT : Simple, Clarity dan Visual. Simple:contoh spt tampilan Google. Ya, google.com its very simple, bisa menjelaskan semuanya. Kesederhanaan: Akan membuat hal paling pentil eh penting menjadi terlihat

Contoh lain slide presentasinya Slide Jobs. Steve Jobs bisa omong berjam-jam hanya dengan beberapa slide saja. Presentasi itu sampaikan dengan sederhana. Klo kita presenter: Sampaikan dengan sederhana saja, jangan muluk muluk.

Berarti, buatkan dulu kalimat-kalimat di storyboard tadi, kemudian ambil keywords/poin-poin nya dan visualkan. Dalam presentasi harus: Ada Slide, ada catatan dan handout (handout ini yg diberikan ke audiens).

Font rules: Jangan pake yg mainstream, spt times new roman, monotype corsiva, Arial. Font rules: 2 optimal, 3 maksimal. Basic-basic image: Hindari ambil gambar dr clipart. Hindari gambar ukuran kecil. Hindari gambar yg ada watermark. Hindari gambar yang tidak proporsional. Bopeng, dipaksa.

Ambil pewarnaan font dari warna visualnya saja. Misal ada gambar warna merah, maka font nya kasih warna merah saja.

Modul presentasi dari Pak Agusdin https://www.dropbox.com/s/euhejzpkrkl34k9/howto-design-slide-presentation.pdf?dl=0

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here