Beranda Sharing Session 5 peluang bisnis online modal kecil untung gede

5 peluang bisnis online modal kecil untung gede [Salsha]

1744
0
BAGIKAN

Narasumber: Mulia

Banyak yang bertanya, apa aja yang bisa dijual di internet? bener ga internet bisa menghasilkan uang?. Nah disini saya mau sharingkan 5 peluang apa saja yang ada di internet yang bisa dijalankan dengan modal kecil tapi untungnya gede.

1. Bisnis affiliasi
Bisnis ini menjualkan produk orang lain dan kita dapet profit dari penjualan itu tanpa harus beli produknya. Biasanya yang dijual produk digital, seperti ebook, software, wordpress theme, web design, dsb.

Bisnis ini bisa dimulai hanya dengan modal laptop/komputer/HP dan koneksi internet. Cara nyari produk affiliasi, bisa pergi ke google, ketik affiliasi produk atau affiliasi produk indonesia, atau kalau mau yang lebih spesifik, bisa ketik “produk kesehatan + affiliasi”.

Biasanya web yang menyediakan program affiliasi, ada menu affiliasi/affiliate di webnya. Nanti tinggl daftar aja dan dapet link affiliasi.

Misal web produknya www.produksaya.com, biasaya link affiliasinya kayak gini www.produksaya.com/idaffilias.

Nah nanti tinggal promosiin link affiliasi punya kita di FB, Twitter, dll. Kalau ada yg beli lewat link affiliasi kita, kita dapet feenya.

Biasanya untuk produk digital komisinya gede, sktar 50-75% dari harga jualnya. Ada juga website yang jual produk fisik (nondigital) yg nyediain program affiliasi, salah satunya lazada. Kalau di luar negeri amazon.com.

Kalau produk fisik biasanya komisinya kecil dibandingin produk digital, sekitar 4-10% ajakarena produk fisik harus diproduksi terus setiap ada yang beli, kalau produk nonfisik ga perlu produksi setiap saat, cukup bikin sekali aja di awal dan bisa dijual berkali-kali, makanya komisi produk nonfisik gede.

Pertanyaan: Bro itu emang bs lsg ke detect ya org beli lewat kita?
Jawab: Kedetect bro, itu sudah ada sistem trackingnya, jadi semuanya serba otomatis dan pihak vendor juga tahu siapa yang melakukan penjualan, karena masing-masing affiliatenya punya id affiliasi masing-masing.

Id affiliasi itu ibarat kita buat email, 1 email hanya punya 1 orang, id affiliasi itu juga sama. Jadi pasti ketahuan siapa yang jual.

2. Toko Online
Kelebihannya mempunyai toko online yaitu kita bisa mempromosikannya ke banyak orang sekaligus, baik di luar daerah, bahkan di luar negeri.

Toko online utamanya hanya perlu domain, hosting, dan design web yang menarik dan ga perlu harus bisa bikin web untuk punya toko online, kita bisa manfaatkan jasa bikin toko online yang murah…atau bisa juga pake jasa teman-teman di group ini.

Kalau webnya udah jadi, tinggal foto produknya, masukin ke web dan siap dipromosikan webnya. Kalau ada yang beli tinggal kirim ke alamat yang bersangkutan.

3. Bisnis iklan di blog/website
Biasanya kita bikin website yang informatif tentang suatu topik, misal topiknya sepak bola. Informatif supaya banyak yang baca. Di web itu kita taruh iklan yang kalau diklik bisa dapet uang (pay per click).

Salah satunya yang paling terkenal yaitu program google adsense, kalau di dalam negeri ada juga, salah satunya sitti. bukan sitti badriah ya…hehe.

Biasanya pemain pay per click ini milih program google adsense karena nilai per klik iklannya gede.

Enaknya di online, kita bisa menduplikasi nya dengan mudah dan cepat. Misal 1 web ngasilin $100  per bulan, nah kita bisa buat 10, 100, 1000, yang mirip. Ibarat kalau di offline kita buka cabang.

Tanya: Gmn cara kita tau iklan yg nilainya paling gede pay per klick nya di Google Adsense?
Jawab: Caranya lihat di google keyword planner nilai per kliknya. Klo ga salah linknya https://adwords.google.co.id/KeywordPlanner atau bisa search juga di google google keyword planner. Itu tools dari google buat cari tahu berapa banyak pencari, tingkat kompetisi, nilai per klik, dll untuk kata kunci tertentu.

4. Bisnis Jual produk/jasa online
Contohnya jasa promosi website, jasa bikin website, jasa desain banner, flyer, dll. Modal utamanya punya website supaya terlihat professional, kalau ga punya, bisa juga nawarin langsung di forum, social media, dll. Kalau ada yg pesan, tinggal buatkan sesuai pesanan dan kirim via email.

Kalau ga punya produk/jasa/keahlian yang bsia dijual, bisa pake produk/jasa orang lain.

5. Bisnis dropship
Bisnis ini juga jualin produk orang lain, bedanya dengan bisnis affiliasi, kalau dropship biasanya berupa produk fisik, ga ada link affiliasinya.

Misal si A jualan baju, trus si B sebagai dropshipper jualin produk A lewat internet ke C. Kalau si C order, nanti si B tinggal ngasi alamat si C dan barang langsung dikirim dari A ke C.

Tanya: Apa beda Dropship dgn Reseller, Brader Mulia?
Jawab: Kalau reseller biasanya kita harus beli barangnya dulu dengan harga reseller trus baru bisa jualan. Kalau dropship ga perlu beli barangnya.

Jadi kita seolah-olah sebagai penjual, padahal kita adalah dropshipper. Banyak penjual yang nyediain dropship, sistem dropship, bisa cari di Google misal “dropship baju”, “dropship tas”, dll.

Itu saja 5 jenis bisnis dengan modal kecil untung gede yang bisa dilakukan siapa saja.

Tanya: klo dropship itu sistemnya komisi juga yah??
Jawab: kalau dropship kita yang nentuin harga jualnya kaerna pihak penjual memperbolehkna kita untuk jual berapapun. Misal si A jual 50 ribu, trus kita jual dengan harga 100.000. Nanti si C transfer ke kita 100ribu trus kita transfer ke A 50ribu. Barangnya dikirim dari A ke C. Dan kita dapet untung 50ribu.

20150812062344

Itu ilustrasinya di atas.

Tanya: Jadi intinya kita fokus di marketingnya gitu ya Bro, gak harus pusing mikirin produksinya?
Jawab: Betul, kalau bisa produksi sendiri bagus juga, tapi kalau belum bisa dan mau simpel, ya ini alternatifnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here